Cibungbulang

Desa Ciaruten ini memang menyimpan sejarah kerajaan Tarumanegara, yang ditandai denggan adanya sepasang gambar tapak kaki Gajah, yang terdapat pada sebuah batu besar terletak di Kampung Muarajaya, Desa Ciaruteun ilir kecamatan Cibungbulang.

Bogor menyimpan banyak petilasan budaya dari masa ke masa, terutama di Bogor Barat, yang terdapat beberapa situs, olehkarenanya tidak mengherankan jika di wilayah ini terdapat Museum Pasir Angin.

Lokasi Desa Ciaruteun, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor

Prasasti Ciaruteun merupakan batu peringatan yang berasal dari masa Kerajaan Tarumanegara sekitar abad V Masehi yang ditandai dengan bentuk tapak kaki Raja Purnawarman.

Lingkung Seni Jigprak yang dipimpin oleh R. Nasan Sujana beralamat di Desa Situ Ilir Kecmatan Cibungbulang.
Kesenian Topeng Jigprak dicetuskan pada tahun 1980 di Desa Situ Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor.Topeng Jigprak diartikan sebagai sandiwara yang artinya silahkan mulai. Dalam pagelaran ini dimulai dengan keluarnya orang tua bertopeng, kemudian tari obor dan tari bahan warna hitam, merah putih lalu disusul dengan atraksi jigprak serta ditutup oleh drama komedi.

Sumber : http://www.wisatakabupatenbogor.com

Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Wilayah Cibungbulang Jl.Kapten Basuki Bakri Km.2 Cibeureum Desa Cibatok Kec. Cibungbulang Kab. Bogor Wilayah Kerja/Binaan : - Kecamatan Cibungbulang - Kecamatan Pamijahan - Kecamatan Ciampea - Kecamatan Tenjolaya