Kecamatan Bogor Tengah

  • 16128 Babakan
  • 16126 Babakanpasar
  • 16124 Cibogor
  • 16124 Ciwaringin
  • 16123 Gudang
Gedung yang difungsikan sebagai museum ini dibangun pada tahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya bangunan Eropa (Inggris). Pembangunan monumen dan Museum PETA (Pembela Tanah Air) atas prakarsa YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air) yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA dan kontribusinya pada pendirian bangsa dan negara ini. Disamping untuk memberikan gambaran perjuangan kemerdekaan Indonesia dan persiapan dalam mengisi kemerdekaan tersebut.

Bogor Tengah adalah sebuah kecamatan di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kelurahan

Museum Etnobotani diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. DR. BJ. Habibie. Didalamnya terdapat 2.000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaatan flora. Gagasan mendirikan museum ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1962 oleh Prof. Sarwono Prawiroharjo (Alm.) yang pada saat itu adalah Ketua LIPI.

SEJARAH MUSEUM ZOOLOGI
Berdirinya Museum Zoologi merupakan gagasan dari J. C. Koningsberger, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman yang menetap di Belanda. Pada awal pembangunannya tahun 1894, tempat ini berfungsi sebagai laboratorium zoologi yang menjadi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi, meliputi kegiatan inventarisasi fauna Indonesia dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium. Seiring dengan perkembangannya, Museum Zooglogi mengubah namanya sesuai dengan fungsinya. Berikut perubahan nama dari Museum Zoologi :