enfrdeitptrues
loading...

PROFIL SINGKAT KONDISI LOKASI

Desa Harkatjaya terletak di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Desa ini memiliki luas. Desa ini terletak di dataran sedang dengan ketinggian 450 meter dari permukaan laut dan memiliki suhu udara rata-rata 26° C. Desa Harkatjaya memiliki jarak 80 Km dari Ibu Kota Negara, 120 Km dari pusat Ibu Kota Provinsi, dan 60 Km dari pusat Kota / Kabupaten, serta 1,5 Km dari pusat Kecamatan. Desa ini memiliki 13 Rukun Warga dan 32 Rukun Tetangga.
BIDANG  PEMERINTAHAN
Luas Wilayah           : 496.198 hektar
 
Batas Wilayah
1)      Sebelah Utara      : Desa Sukaraksa
2)      Sebelah Barat      : Desa Jaya Raharja
3)      Sebelah Timur     : Desa Nanggung
4)      Sebelah Selatan   : Desa Urug
 
Orbitasi (Jarak dari Pusat Pemerintahan) :
1)      Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan     : 1,5 Km
2)      Jarak dari Pusat Pemerintahan Kota                : 60 Km
3)      Jarak dari Kota/   Ibu Kota Kabupaten           : 80 Km
4)      Jarak dari Ibu Kota Provinsi                              : 120 Km
 
KEPENDUDUKAN
Desa Harkatjaya memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.013 orang. Dengan persentase 51% laki-laki dan 49% penduduknya adalah perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.313 KK. Seluruh penduduk Desa Harkatjaya adalah Warga Negara Indonesia. Mayoritas agama yang dianut oleh penduduk desa ini adalah Islam, yakni sebesar 99,9% dari total penduduk dan sisanya yaitu 0.1% beragama Kristen Protestan.
Berdasarkan kelompok usia pendidikan yaitu usia 0-19 tahun keatas, terdapat 3.638 orang. Sedangkan berdasarkan kelompok usia tenaga kerja yaitu usia 10-57 tahun keatas berjumlah 3.835 orang.
 
PENDIDIKAN
·         Pendidikan Formal
Tingkat Pendidikan
Jumlah
TK/TPA/PAUD
4
Orang
SD/MI/Paket A
1093
Orang
SMP/SLTP/MTs/Paket B
218
Orang
SMA/SLTA/MA/Paket C
112
Orang
Akademis/D1-D3
5
Orang
Sarjana/S1
9
Orang
Magister/S2
0
Orang
Doktor/S3
0
Orang
Jumlah
1441
Orang
·         Pendidikan Non Formal
Tingkat Pendidikan
Jumlah
PondokPesantren
112
Orang
Kursus
5
Orang
SLB
0
Orang
Jumlah
117
Orang
·         Mata Pencaharian
Mata Pencaharian
Jumlah
PNS
13
Orang
POLRI
0
Orang
TNI
0
Orang
Pensiunan PNS/POLRI/TNI
9
Orang
KaryawanSwasta
15
Orang
Wiraswasta
157
Orang
Pedagang
504
Orang
Petani
570
Orang
BuruhTani
208
Orang
Nelayan
0
Orang
Pemulung
6
Orang
Jasa
235
Orang
Jumlah
1717
Orang

 
PELAYANAN MASYARAKAT
           Desa Harkatjaya memiliki 1 Kantor Desa, 9 Posyandu dan 12 Poskamling/ Posronda. Desa ini tidak memiliki puskesmas, jika ingin ke puskesmas mereka harus pergi ke desa sebelah. Sedangkan untuk fasilitas pendidikan, desa ini memiliki 3 SD, 1 SMP dan 1 SMA. Lalu untuk fasilitas tempat ibadah, desa ini memiliki kurang lebih 13 masjid/mushola yang sebagian kondisinya kurang baik.
 
POTENSI  DAN PERMASALAHAN
 
1.      POTENSI MASYARAKAT
a.      Bidang Keagamaan
· Infrastruktur sarana ibadah
Dalam bidang keagamaan, sudah tersedia infrastruktur sarana ibadah agama Islam berupa masjid dan musholla. Hampir di setiap wilayah RT terdapat  1 (satu) masjid/ musholla.
· Pendidikan agama
Dalam hal pendidikan agama,  sudah terdapat beberapa tempat belajar dan mengajar di setiap RT.
b.      Bidang Umum
· Pertanian 
Lahan pertanian yang cukup luas baik berupa persawahan maupun kebun tanaman keras, sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani panen yang terjadi biasanya 2 atau 3 kali dalam satu tahun. Namun pada keadaan sebenarnya warga Desa Harkat Jaya hanya bekerja sebagai buruh tani pada para pemilik lahan, sehingga masyarakat berpenghasilan kecil yang mana berdampak pada penghasilan rendah dibawah standar hidup  layak.
· Perikanan
Desa Harkat Jaya yang terletak dipinggir sungai yang arus air nya berasal dari gunung kendeng melewati Desa Kiara Sari dan Kiara Pandak. Namun, dalam bidang perikanan, sungai tersebut belum dapat difungsikan, hanya baru sebatas tempat mandi dan mencuci warga desa Harkat Jaya.
· Peternakan
Sebagian kecil masyarakat Desa Harkat Jaya berprofesi sebagai peternak Sapi, yang ditempatkan disekitar rumah mereka.
· Pembangunan Daerah 
Potensi lahan yang besar merupakan wilayah yang cukup menjajikan untuk pembangunan daerah kearah yang lebih baik. Pembangunan infrastuktur di wilayah tersebut masih belum berjalan dengan baik, pembangunan jalan belum merata ke wilayah RT. Banyak jalan-jalan di daerah tersebut masih berupa jalan tanah dan batu. 
 
2.      PERMASALAHAN
a. Sebagian besar masyarakatnya hanya lulusan SD, sebagian kecil SMP dan bekerja sebagai peternak dan petani sehingga kesadaran akan pentingnya pendidikan itu sangat  kurang, dan keadaan ekonomi masyarakat sekitar yang lemah membuat pendidikan masyarakat dikesampingkan. Selain itu banyak pemuda yang putus sekolah,  kurang memiliki keterampilan yang akibatnya menjadikan mereka sebagai pengangguran tanpa keahlian.
b. Kondisi infrastruktur pendukung kesehatan mayarakat yang tidak terpenuhi terutama dalam pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Karena masyarakat belum mampu memberdayakan tempat tersebut.
c. Keadaan di bantaran sungai tidak memadai, seperti disisi sungai banyak terdapat sampah dan banyaknya warga yang masih membuang hajat di sungai dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dan penyuluhan akan kebersihan ditempat tersebut.
d. Sarana infrastruktur MCK masih kurang memadai, setiap rumah belum mempunyai masing-masing MCK.
e. Sampah masih banyak berserakan dijalanan, dikarenakan faktor; kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan, terbatasnya sarana penampungan sampah dan tenaga penjemputan sampah. 

f. Organisasi kepemudaannya masih belum aktif, sudah ada tetapi tidak berjalan karena keterbatasan SDM.

Sumber : http://mentari2013.blogspot.com

Kesehatan Wanita

IMAGE Proses Persalinan
Ramuan Tradisonal Kuno baik digunakan apabila kandungan telah memasuki 8 1/2 bulan. Ramuan ini bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau...
IMAGE Faedah Air Susu Ibu
Bagi Ibu-ibu karir, Air Susu Ibu memang tidak praktis, tetapi sekarang ini sudah ada beberapa instansi yang memberi aturan bagi Ibu-ibu yang sedang...

Kesehatan Pria

IMAGE Menyembuhkan Prostat Cara Alami
Radang Prostat terjadi akibat perubahan hormonal dihidrotestosterm dalam jaringan kelenjar prostat yang meningkat pada usia 40 tahun ke atas....
IMAGE Menjadi Pria Bogor Perkasa
Kemangi Bagi Pria, kemangi berguna bagi Pencegahan Loyo Duluan. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah Loyo Duluan. Apigenin...

Jiwa Sehat

IMAGE Ketika Kearifan Lokal Tergerus Zaman
Di sekitar Situ Cisanti, tempat pertama kali sungai purba Citarum mengalirkan air dari kawasan hutan Gunung Wayang, Bandung Selatan, terdapat beragam...
IMAGE Kearifan Lokal (Local Wisdom)
Kearifan Lokal adalah, nilai-nilai yang sudah dimiliki Masyarakat Lokal Nusantara secara turun temurun, yang mempunyai fungsi, mengatur interaksi...